RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Jumat, 06 Oktober 2017

Alhamdulillah

“Ketika engkau sudah berada di jalan yang benar menuju Allah, maka berlarilah. Jika sulit bagimu, maka berlari kecillah. Jika kamu lelah, berjalanlah. Jika itupun tidak mampu, merangkaklah. Namun, jangan pernah berbalik arah atau berhenti.” – Imam Syafi’i


Alhamdulillah, Allah memberiku kado terindah di hari ini. Semoga Dia selalu memberiku kekuatan, kesehatan dan keselamatan untuk menjaganya hingga nanti :).
Bukan harinya yang sepesial, tapi keberkahan Allah yang berikan kepada aku dan paksu, membuat hari ini jadi spesial.

Allahmdulillah.. Allahmdulillah.. Allahmdulillah.. 

Selasa, 04 Juli 2017

Ujian dan Kesabaran

Assalamu'alaikum.

Allah SWT berfirman:

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى  رَبَّهٗۤ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ  
wa ayyuuba iz naadaa robbahuuu annii massaniyadh-dhurru wa anta ar-hamur-roohimiin
"dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, (Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang." (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 83)

Allah SWT berfirman:

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ فَكَشَفْنَا مَا بِهٖ مِنْ ضُرٍّ وَّاٰتَيْنٰهُ اَهْلَهٗ وَمِثْلَهُمْ مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَذِكْرٰى لِلْعٰبِدِيْنَ
fastajabnaa lahuu fa kasyafnaa maa bihii min dhurriw wa aatainaahu ahlahuu  wa mislahum ma'ahum rohmatam min 'indinaa wa zikroo lil-'aabidiin
"Maka Kami kabulkan (doa)nya lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami." (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 84)

Saya coba baca tafsir nya..
Mari kita simak bersama sama...

Nabi Ayyub berasal dari Rum. Istri beliau bernama Layaa, ada juga yang menyebut dengan Rahmah, berasal dari keturunan Nabi Ya’qub. 
Dulunya Nabi Ayyub terkenal sangat kaya dengan harta yang berlimpah ruah, contohnya saja sapi, unta, kambing, kuda dan keledai dalam hal jumlah tak ada yang bisa menyainginya.

Allah juga memberikan kepada beliau karunia berupa keluarga dan anak laki-laki dan perempuan. Ayyub sangat terkenal sebagai orang yang baik, bertakwa, dan menyayangi orang miskin. Beliau juga biasa memberi makan orang miskin, menyantuni janda, anak yatim, kaum dhuafa dan ibnu sabil (orang yang terputus perjalanan). Beliau adalah orang yang rajin bersyukur atas nikmat Allah dengan menunaikan hak Allah.

Setelah itu Nabi Ayyub diuji penyakit yang menimpa badannya, juga mengalami musibah yang menimpa harta dan anaknya, semua pada sirna. Ia pun terkena penyakit kulit, yaitu judzam (kusta atau lepra). Yang selamat pada dirinya hanyalah hati dan lisan yang beliau gunakan untuk banyak berdzikir pada Allah sehingga dirinya terus terjaga. Semua orang ketika itu menjauh dari Nabi Ayyub hingga ia mengasingkan diri di suatu tempat. Hanya istrinya sajalah yang mau menemani Ayyub atas perintahnya. Sampai istrinya pun merasa lelah hingga mempekerjakan orang lain untuk  mengurus suaminya.

Dalam satu riwayat sakit beliau ini dialami nya selama 18th.
Ada juga yang m3ngatakan sakit nya ini selama 7tahun 7bulan 7hari.
Hanya istri Nabi Ayyub yang bernama Rahmah yang mengurus Nabi Ayyub ‘alaihis salam. Saat mengurus dan membawa bekal pada beliau, istrinya sampai pernah bertanya kepada Nabi Ayyub yang sudah menderita sakit sangat lama, “Wahai Ayyub andai engkau mau berdoa pada Rabbmu, tentu engkau akan diberikan jalan keluar.”

Nabi Ayyub menjawab, “Aku telah diberi kesehatan selama 70 tahun. Sakit ini masih derita yang sedikit yang Allah timpakan sampai aku bisa bersabar sama seperti masa sehatku yaitu 70 tahun.” Istrinya pun semakin cemas. Akhirnya karena tak sanggup lagi, istrinya mempekerjakan orang lain untuk mengurus suaminya sampai memberi makan padanya
Lihatlah bagaimana kesabaran beliau, musibah beliau padahal telah berat namun beliau masih menganggapnya belum seberapa. Jika masa sehat beliau sama dengan sakitnya, itulah baru berat. Luar biasa.

Sungguh kisah yang luar biasa bagi mereka yang sedang di uji dengan sakit.
Kisah penuh hikmah dan pembelajaran bagi siapa saja yang sedang sakit
Apakah ia sakit medis maupun non medis..
Sabar adalah obat pertama yang sangat mujarab bagi penderita sakit..
Agar bisa bersabar maka ingat lah kenikmatan yang telah allah berikan kepada kita
Sifat yang beliau ajarkan adalah kesabaran..
Dan memang kita sebagai seorang muslim diperintahkan memiliki sifat sabar.

Mulai dari para Rasul ‘ulul ‘azmi diperintahkan bersabar,

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ

"Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul yang bersabar)." (QS. Al-Ahqaf:35)

Lihat juga ketika Nabi Yunus ‘alaihis salam mendapatkan ujian juga diperintahkan bersabar,

فَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ وَلَا تَكُنْ كَصَاحِبِ الْحُوتِ إِذْ نَادَى وَهُوَ مَكْظُومٌ

"Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetaan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada salam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya)." (QS. Al-Qalam:48)

Lihat lah mereka para nabi, hamba Allah yang dimuliakan mereka saja mau bersabar..
Dan kita harus ingat bahwa setelah kesabaran akan ada pertolongan Allah.

Allah SWT berfirman:

وَاصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ اِلَّا بِاللّٰهِ  وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلَا تَكُ فِيْ ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُوْنَ
washbir wa maa shobruka illaa billaahi wa laa tahzan 'alaihim wa laa taku fii dhoiqim mimmaa yamkuruun

"Dan bersabarlah (Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan Allah dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan." (QS. An-Nahl 16: Ayat 127)

Bahkan siapa yang telah bersabar maka dia telah ditolong oleh Allah.
Ingatlah akan pahala bagi orang yang bersabar,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang diciptakan pahala mereka tanpa batas." (QS. Az-Zumar:10)

Mari kita hitung sudah berapa lama kita sakit..
Dan mari kita hitung juga berapa banyak dan berapa lama  kenikmatan yang allah berikan..
Bersabarlah diatas kesabaran..

Sakit kita tidak separah sakit nya nabi ayub ..
Di akhir saya sampaikan sebuah hadist yang sangat indah..

Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ وَصَبٍ ؛ وَلَا نَصَبٍ ؛ وَلَا هَمٍّ ؛ وَلَا حَزَنٍ ؛ وَلَا غَمٍّ ؛ وَلَا أَذًى – حَتَّى الشَّوْكَةُ يَشَاكُهَا – إلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

"Tidaklah seorang mukmin tertimpa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada masa depan), sedih (akan masa lalu), kesusahan hati (berduka cita) atau sesuatu yang menyakiti sampai pada duri yang menusuknya, itu semua akan menghapuskan dosa-dosanya." (HR. Bukhari)
Kelak kita akan bersyukur  dengan ujian ini ketika kita tahu bahwa banyak dosa kita yang terhapus dengan wasilah saki yang kita alami..
Allahu'alam..

Wasalamualaiykum
By Ustad Azzam Rehab Hati



=============
Note
=============

Insya Allah, kajian ini sangat menyentuh qolbu. Renungkanlah, seberapa sering kita mengeluh atas setiap kesulitan yang dihadapi, dibanding bersyukur atas apa yang telah Allah karuniakan kepada diri dan keluarga.. :)

Senin, 03 Juli 2017

Nasihat Diri

Tatkala kita melangkah menyusuri kehidupan dunia, 
kadangkala kita diuji dengan ujian yang terasa berat hingga kita terduduk dan menangis...

Tapi ketahuilah dan renungilah kembali ke dalam diri,
air mata ketika itu hadir karena Dia mau kita menjahit kembali sejadah iman yang kian terkoyak lantaran ada langkah-langkah yang tersasar dari keikhlasan..

Semoga kita tabah dan tetap termasuk golongan orang-orang yang beriman....  
aamiiin ya robbal'alamin.

Sabtu, 24 Juni 2017

Idul Fitri tahun 1438 H

*بِــســــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.

.    人
.  (___)
. ┃口┃
. ┃口┃
. ┃口┃
. ┃口┃.     人.           
. ┃口┃. .-:'''"''";-.     人
. ┃ ،،،،،،،  (   ( (  ) ). (__)
  ┃ - ┃║∩∩∩║. |口||┃
. ┃┃┃┃┃┃┃┃┃┃. |三||┃
. ┃┃┃┃┃┃┃┃┃┃. |三||┃

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنٌِكُمٌ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمٌ

Mohon maaf atas segala salah dan khilaf yang diperbuat 🙏🏻..
Semoga Allah menerima segala amal ibadah kita semua..
Semoga kita jadi pribadi yg lebih baik lg..
Semoga kita bisa dipertemukan dengan Ramadhan tahun berikutnya.. aamiiin ya robbal'alamin

Selamat hari raya Idul Fitri tahun 1438 H

-dwie okta-

Alhamdulillah ya Allah atas segala rahmat dan karunia yang Kau berikan kepada kami.

Kamis, 15 Juni 2017

Ini Caption Diperuntukan Buat Buibu Yang Sudah Menikah


️Dulu waktu belum nikah, saya sering beli makanan yang notaben-nya buat dimakan bareng keluarga/sendiri. Terus Umi nyeletuk, "yaah nanti kalo udah nikah, makan mau enaknya doang mah ga mau ribet tinggal beli doang atuh". Terus saya jawab, "ya iyalah, kalo ada uang dan males masak mah beli ajah, lagian nanti juga ada pembantu ini lah yg masakin". 

Ternyata statement itu ada bener dan tidaknya. Setelah rumah tangga kurang lebih 3 tahun, untuk urusan makanan saya fifty fifty antara masak dan beli diluar. Kalo untuk punya pembantu, do'ain yah teman biar disegerakan punya 15 orang. Biar yang nyuci, masak dan angkat galon udah ada yang ngerjain. Jado nanti kerjaannya cuma maen hp, nonton tv, netein anak dan bapaknya pulang kerja udh siap cus ke emol buat ngajakin anak-anak yatim nongton bioskop *awas bacanya jangan dilangsungin#curcol.

But in fact, kalo mau masak sering bengong depan tukang sayur atau ngelilingin tukang sayur sambil ngomong, "masak aaapa yaah bingung". Selalu seperti itu yang ujungnya tau kan? Dan saya yakin hal ini pun dirasakan oleh IRT (ibu rumah tangga) yang pernikahannya jauh lebih lama dibanding saya. Bahkan si Umi pun merasakan hal yang sama "masak naon ah, baringung" 😆 

Masak adalah salah satu pengekspresian Istri terhadap suami, agar betah di rumah dan tidak jajan diluar karena banyak yang bilang, "laki-laki itu kenyangkan dulu perutnya karena semuanya akan mengikuti🤗😘 

Makan di rumah adalah hal yang semestinya. Bagi suami, masakan istri tak ada tandingannya, walaupun sederhana. Ia jauh lebih lezat dari masakan di luar. Mengapa bisa? Karena mungkin lidah suami terbiasa dengan masakan istri. Asal jangan ajah yah masakan istri dibanding-bandingkan dengan masakan ibunya atau siapapun itu. Niscaya kenikmatan makan akan hilang seketika dan akan selalu teringat oleh sang Istri 😅

Riwayat Rasulullah SAW. Ketika makan masakan Aisyah ra. yang asin, beliau tidak mencelanya, bahkan Beliau menyuapinya dengan dalih mengulang kembali romantisme awal pernikahan agar tahu apa rasanya dan menjaga perasaan Aisyah. so sweeeeet

Dan Alhamdulillah itu pun yg dilakukan pak suami kalo saya masak yang rasanya aneh . HHhDDDDDow i am lucky girl  🙊Tapi terkadang kalo makan diluar muncul rasa bosan. Yah, mungkin bosan dengan suasananya. Atau bosan dengan masakan yang itu itu saja. Tiap hari cuma ikan asin misalnya. Atau hanya nasi dan garam misalnya. Atau sayur tanpa nasi. Atau sayur dengan nasi plus ikan tapi masih mentah. He..he.. becanda! 

Jadi sesekali boleh laah makan diluar karna beli makan diluar adalah salah satu kemerdekaan sang istri dari tugasnya tapi setelah seringnya beli diluar akan muncul "kok pengeluaran bulan ini lumayan yah cuma buat makan doang". Walaupun saya dan suami tipikal yang tidak terlalu mempermasalahkan untuk urusan perut, tapi ya tetap ajah keinginan tak sesuai kenyataan kalo udh liat list belanja per bulan hehe. 

Suami sih termasuk gampang-gampang susah kalo untuk makan yang penting ada sayur, beres. Kalo saya sih jangan dtanya ☺️,☺️ cuma masalahnya bingungnya itu lho pas mau masak apalagi karena pas liat list masakan per hari udh kena rolling semua selama satu bulan, muncul lah hopeless *beli lah*. 

Jadi disini bukan bicara harga/ rugi/ males/ perhitungan, tapi suatu kebingungan yang gak jelas soal masak memasak walaupun diluar sana banyak resep yang bisa dicoba. Tapi apakah semua resep itu yakin suami dan anak-anak doyan? Karena ini salah satu masalah yang sangat kecil dalam hal rumah tangga yang udah ada solusinya tapi kadang dibikin ribet sama mahluk yang bernama buibu atau Istri 😆.😬 

Buat kamuh yang Ladies, nikah dulu gih. Yang nyinyir tentang hal ini, nanti juga ngerasain 😜 yang udah berumahtangga, tapi gak pernah ngalamin seperti saya ini anda warbiyasah ! And I'll Standing Applause for You !" 

Wassalam curcolnya


Foto Binge Mariam Hernandes.

* Dia ini sahabat ku semasa SMK dulu. Siapa yang sangka sekarang dia jadi anggun dan istri sholehah... Allahamdulillah ya :) .... Allah itu Maha membolak-balikan hati manusia. Yah...memang Allah punya rencana Nya tersendiri untuk memilihkan jalan hijrah kepada setiap hamba Nya dengan cara yang berbeda-beda dan waktu yang berbeda pula. Aku bahkan malu pada nya, dia sudah belajar dan praktek ilmu rumah tangga, bagaimana jadi istri sholehah, melakukan apapun untuk suami yang berbuah pahala, mengurus anak yang insya Allah sholehah, dan menghadapi lika-liku rumah tangga, bahkan dia udah pinter masak!!! Ditambah lagi Binge juga berprofesi sebagai guru di SD di daerah Cipeucang Jonggol, menyampaikan ilmunya kepada anak-anak dengan sabar dan penuh kejenakaannya alias kocak! haha... 

Semoga kelak aku bisa mengikuti jejaknya belajar jadi istri, ibu dan anak yang sholehah.. 

aamiiin ya robbal'alamin.
wassalam

Minggu, 11 Juni 2017

Yuk Nikah biar bisa nyender Halal

Yang halal itu menentramkan hati
Tidak ada lagi perasaan was-was menyelimuti diri
Karna inilah jalan yang Allah ridhoi.

Yang halal akan melahirkan ketenangan, ketentraman, dan kedamaian
jiwa, inilah Sakinah.

Yang halal akan melahirkan saling cinta dan kasih sayang, inilah Mawaddah

Yang halal akan melahirkan ketulusan dan kelembutan, inilah Rahmah
Tidak akan kau temui keindahan rasa ini kecuali hanya dengan yang halal.

"Dan diantara tanda-tanda Kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Ar Ruum : 21).

Yang halal berhak mendapatkan pertolongan Allah, itulah janji-Nya
Kesulitannya akan mendapat kemudahan
Kesempitannya akan mendapat kelapangan
Kekhawatirannya akan mendapat ketenangan
Karna yang halal berusaha tuk taat pada-Nya dan takut akan Murka-Nya
.
“Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah kerana ingin memelihara kehormatannya”. (HR. Ahmad).

Jika yang halal belum bisa kau gapai.
lalu kenapa menceburkan dalam dosa yang kau pilih?
Jika kau merasa masih banyak kekurangan diri,
maka kuatkanlah tekadmu percayalah pada Janji Allah sepenuh hati.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurniaNya. Dan Allah Maha Luas (Pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (An Nuur: 32) .

Tag Sahabatmu biar semangat menjadi Pejuang Halal… :)

By @maafakubaper // @annisarahf
LINE.

**************************************

Jadi inget kutipan dialog di film Mengejar Halal, "Single itu menyegarkan, nikah itu menentramkan" #eaa.. :d

Aku tau, setelah menikah pasti ada banyak kejutan dan lika-liku kehidupan. Jelas sekali orang tua ku selalu menasihati ini itu kepada diri ini, "Setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan ndo. Siapapun jodoh mu nanti, harus siap menerima segalanya, kalian nanti saling membimbing satu sama lain."

Iya ma pa, aku pun berkekurangan. Hanya saja Allah yang Maha Baik telah menutupi kekurangan ini. Terimakasih, kalian adalah orang tua terbaik dalam hidupku :").. Tidak ada apapun yang sanggup membalas segala pengorbanan kalian untuk kami anak-anak mu ma pa. Aku hanya bisa berdoa semoga kalian selalu rukun, berkah, dilindungi Allah, dan jadi Ahli surganya Allah kelak.. :")..

Semoga segalanya yang baik dipermudah oleh Allah.
Semoga yang masih pacaran biar segera dihalalkan.
Semoga yang single biar segera dilamar Ikhwan Sholeh / Akhwat Sholehah.

Aamiiin ya robbal'alamin..

Jumat, 09 Juni 2017

Adab Tertawa

Tertawa boleh, tapi tetap kondisikan ya Cantik 😊

Ketika tertawa jangan terlalu berlebihan
karena seperti yang disampaikan Nabi Muhammad bahwa tertawa yang berlebihan akan mematikan hati

  وَلاَ تُكْثِرِ الضَّحِكَ, فَإِنَّ كَثْرَةَ الضَّحِكِ تُمِيتُ الْقَلْبَ

“Janganlah banyak tertawa, Sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati.” (Hadits shahih, Shahiibul Jaami’ (no.7435))

Sehingga yang perlu kita lakukan adalah
▶️meneladani Nabi dalam senyuman dan tawa beliau
▶️tertawa secukupnya dan tidak berlebihan
▶️tidak terbahak-bahak dengan suara yg keras
▶️tidak tertawa yg hanya untuk mengejek, mengolok atau mencela.

Apalagi muslimah yg anggun, senyumanmu sudah cukup manis kok 😊
.
.
.
.
.
.
#sumber : LINE

Popular Posts

DwieLovasket. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright 2009 .:dwi lovasket:. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes